Tips menjadikan rumah menjadi lebih aman

Sistem keamanan rumah sangat wajib untuk diperhatikan oleh setiap pemilik rumah, karena rumah merupakan tempat kita menyimpan barang-barang berharga, ataupun barang-barang lain yang bernilai tinggi, bagaimana jika sampai dimasuki orang jahat? bukan hanya barang berharga yang akan hilang, nyawa penghuni rumah pun terancam. Meskipun saat ini sudah banyak komplek perumahan dan apartemen yang menyediakan fasilitas keamanan. Namun alangkah baiknya jika kita dapat membuat sistem keamanan sendiri untuk rumah kita, berikut beberapa tips yang dapat kita aplikasikan untuk memperkuat keamanan rumah kita

1.Pasang Teralis

Dengan memasang teralis besi pada setiap jendela atau pintu, tentu pelaku kejahatan tentunya akan sulit untuk membobolnya. Selain itu teralis besi juga bisa berfungsi sebagai pengaman anak agar tidak terjatuh saat bermain dekat jendela.
Hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan teralis adalah, pastikan panel pembuka teralis dapat berkerja sempurna untuk keadaan darurat.

2.Pasang Camera CCTV

Jika rumah kita dilengkapi dengan kamera pengintai atau CCTV kita bisa dengan mudah mengawasi setiap orang yang keluar masuk rumah kita, atau kita juga bisa dengan mudah untuk mengidentifikasi pelaku kejahatannya, kamera cctv biasanya dipasang pada sudut sebuah ruangan, atau dipasang pada tempat yang sering dilalui orang, atau bisa dipasang pada tempat yang ingin diawasi.

3.Pasang Alarm

Sistem alarm biasanya akan memberitahu pemilik rumah jika terjadi gangguan yang disebabkan oleh aktivitas yang mencurigakan. Sistem deteksi dan alarm ini tidak hanya digunakan di pintu masuk rumah saja, tetapi aplikasikanlah pada jendela rumah Anda. Namun, banyak sekali fitur yang ada di sistem alarm, seperti pendeteksi gerak, pendeteksi panas atau api untuk menghindari kebakaran rumah, dan masih banyak lagi. Bergantung pada kebutuhan Anda, setiap fitur memiliki fungsinya masing-masing.

4.Minimalisir Pemandangan

Selalu tutup tirai atau jendela Anda sehingga pencuri tidak bisa melihat ke dalam rumah untuk mengidentifikasi adanya barang elektronik mewah dan barang berharga lainnya. Jangan lupa untuk selalu menutup garasi. Bahkan ketika Anda sedang di rumah, jaga pintu garasi tertutup setiap saat.

5.Brankas

Amankan semua barang berharga di brankas yang tahan api di rumah, atau menyimpannya di kotak deposit bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *