Tips mudah mencegah kebocoran data

Peran satuan keamanan di dunia nyata sangat lah krusial, para pasukan keamanan ini tentu saja dapat memberikan kesan ketenangan bagi kita yang menggunakan jasa mereka, dalam mengamankan sesuatu mereka tidak pilih-pilih tempat baik di perkantoran, perumahan, kampus atau sekolah bahkan mereka siap ditempatkan di plosok sekalipun. Tapi, bagaimana jika kita ingin melindungi data pribadi misalnya foto-foto dan video pribadi, data karyawan, data perbankan, data financial dan data-data penting lain yang sifatnya rahasia dan tersimpan dalam gadget yang kita miliki, seperti smartphone, laptop atau komputer?

Sama halnya harta fisik, data juga wajib kita jaga jangan sampai dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab, terus bagaimana cara menjaganya?

Berikut kami berikan tips mudah untuk meminimalisir kebocoran/kerusakan data dalam gadget Anda :

1. Password
Password adalah cara yang paling mudah mengamankan data kita, pastikan gadget yang Anda miliki selalu diberi password atau kata sandi dan ganti password secara berkala. Dengan memberikan password kita dapat mencegah seseorang yang ingin menggunakan gadget kita secara diam-diam untuk mencuri informasi didalamnya. Selain perangkatnya kita juga bisa memberi password pada file, folder, maupun aplikasinya untuk keamanan berlapis.

2. Gunakan Antivirus premium/berbayar
Berbeda dengan password, antivirus ini melindungi kita dari ancaman ketika sedang menggunakan/memakai gadget, darimana datangnya virus? bisa dari tempat penyimpanan portable misalkan flashdisk, harddisk eksternal, kartu memori dll, dan yang paling banyak yaitu via internet, kenapa juga harus antivirus premium, alasannya yaitu karena pada antivirus premium biasanya semua fitur-fitur yang dimiliki dapat diaktifkan sehingga keamanan yang diberikan bisa optimal.

3. Update
Update atau perbarui selalu versi sistem operasi dan aplikasi yang terinstal, gunanya untuk menutup celah-celah/kelemahan yang ada pada versi sebelumnya yang biasanya jadi sasaran para penjahat siber atau hacker yang sering dimanfaatkan sebagai “backdoor” atau jalan pintas masuk kedalam sistem perangkat kita.

4. Jangan konek ke sembarang wifi
Menggunakan public wifi memang menyenangkan, selain gratis juga sangat berguna jika kita sedang tidak ada koneksi atau ada gangguan pada internet provider langganan kita. Tapi karena manfaatnya itu sering sekali dimanfaatkan oleh para penjahat juga, karena sifatnya yang open, public wifi dapat diakses oleh siapa pun dan dapat saling terkoneksi satu sama lain antara pengguna satu dan lainya. Tentu saja dengan sedikit usaha orang lain dapat mengakses kedalam perangkat kita tanpa kita sadari.
Jadi sarannya, sebaiknya minimalisir penggunaan sembarang wifi, apalagi yang sifatnya public alias gratisan, apalagi tidak memiliki antivirus yang memiliki fitur firewall terinstal di perangkat kita.

Dengan tips mudah yang barusan disampaikan diharapkan kita dapat setidaknya meminimalisir pencurian/kebocoran dan kerusakan data yang disebabkan oleh orang dekat maupun ancaman siber seperti hacker dan virus, semoga bermanfaat, stay safe and stay secure.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *